Inilah Khasiat Akar Kayu Manis Untuk Kesehatan Dan Obat Penyakit - POLA WARAS SEHAT
Loading...

Inilah Khasiat Akar Kayu Manis Untuk Kesehatan Dan Obat Penyakit

Loading...
Loading...
Khasiat akar kayu manis untuk kesehatan dan obat penyakit. Akar kayu manis memiliki kandungan manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Fakta kayu manis memang luar bisa. Semua bagian pohonnya bisa berguna untuk kesehatan, dari mulai kulit batang, daun dan akarnya. Tanaman kayu manis adalah tanaman yang sering kita dengar diperjualbelikan di jalan-jalan dengan bentuk minuman. Namanya juga disebut juga kayu akar manis.

Kandungan kayu manis  yang kaya zat gula, yang jika ditumbuk lalu direndam di dalam air, akan terhidang sebagai minuman, yang sangat manis rasanya dan sedap untuk dipandang. Selain itu manfaat akar kayu manis , ia merupakan tanaman yang digemari oleh ular karena aromanya yang wangi. Tanaman ini juga digunakan ular sebagai tempat persembunyiannya, dan buahnya menjadi makanan sebagai pasokan makan.

Diantara ciri-ciri tanaman kayu manis adalah Bahwasannya tanaman kayu manis ini mempunyai umur yang panjang. Ia bergantung pada tanah, menghujam ke dalam sehingga sulit untuk mencabutnya. Tanaman ini mempunyai akar-akaran dan juga buah.

Khasiat Dan Kegunaan Akar Kayu manis Bagi Kesehatan


Akar kayu manis mempunyai manfaat yang banyak sekali, dan inilah beberapa manfaat kayu manis:

Manfaat akar kayu manis berkhasiat untuk menghilangkan noda putih mata, bisa dijadikan celak, menyembuhkan seluruh penyakit dada, menyembuhkan batuk dan pilek, juga bermanfaat untuk mengeluarkan dahak atau lendir secara sempurna.

Khasiat kayu manis juga bisa mengobati penyakit pada organ hati dan limfa, ia pun mampu mengobati nyeri dan peradangan saat buang air seni, melancarkan sirkulasi  darah haid pada wanita, dan menyembuhkan penyakit wasir.

Selain itu manfaat akar  kayu manis sebagai pembersih  setiap otot-otot tubuh, mengobati batuk kering dan penyakit asma, serta membasmi bakteri-bakteri jahat di dalam rongga perut. Sementara itu air perasan dari tanaman ini sangat bermanfaat dalam mengobati luka luar, melembutkan rongga paru-paru dan menjernihkannya. Kegunaan akar kayu manis juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit paru-paru, tenggorokan dan peradangan pada perut.

Manfaat Dan Kegunaan Akar Kayu manis Menurut Islam

Pemuka Ahli medis, yaitu Ibnu Sina melalui dalam kitabnya Al-Qanun Fi At-Thibb menyebutkan tentang manfaat akar kayu manis, sebagai berikut. Sesungguhnya air dari perasannya, berkhasiat sebagai penyembuh luka-luka luar, ia bisa memperluas rongga paru-paru dan membersihkannya. Berkhasiat pula dalam mengobati penyakit paru-paru dan tenggorokan, menjernihkan suara, meredakan haus dan dahaga.

Kandungan airnya yang melimpah maka kayu manis berkhasiat untuk mengobati radang pada perut, berkhasiat menghilangkan rasa nyeri pada saat buang air kecil, mengobati luka-luka pada organ ginjal dan kandung kemih, serta efektif menurunkan demam yang tinggi.

Manfaat dan khasiat akar kayu manis bisa dijadikan sebagai minuman untuk mengatasi kesulitan tubuh dalam mencerna makanan, juga pada saat kondisi lambung dan usus mengalami luka karena maag. Rendaman akar tanaman kayu manis sangat berkhasiat dalam memperkuat sel-sel darah dan membersihkannya. Ia pun dimanfaatkan oleh orang-orang yang tengah mengalami penyakit anemia.

Manfaat akar kayu manis sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit radang bronkhitis dan batuk. Ia juga memiliki efek khusus terhadap sel-sel pada organ hati, yaitu memperkuat dan memperbaiki sel-sel tersebut.

Sementara bubuk dari akar kayu manis yang ditumbuk halus digunakan dalam pengolahan kapsul-kapsul atau tablet di dunia farmasi. Adapun penambahan air perasan dari akar kayu manis ke dalam obat-obatan adalah sebagai pemanis rasa. Bubuk akar kayu manis ini banyak dperjualbelikan di berbagai apotik.

Penggunaan akar kayu manis jika dikonsumsi perasan airnya sering digunakan pada musim panas tiba, karena kelembapan kandungan airnya yang berlimpah. Telah terbukti secara medis, bahwasanya dengan mengkonsumsi satu sendok teh bubuk akar kayu manis setiap hari dapat menyembuhkan luka pada lambung.

Demikianlah manfaat atau kegunaan akar kayu manis untuk pengobatan dan kesehatan kita, semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Inilah Khasiat Akar Kayu Manis Untuk Kesehatan Dan Obat Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel